Dalam proses seleksi melamar pekerjaan, wawancara
sering kali dianggap mudah. Namun dalam sesi wawancara beberapa orang
gagal mendapatkan pekerjaan yang didambakannya. Untuk itu sesi wawancara
harus dipersiapkan dengan sunguh-sungguh.
Berikut tips rahasia sukses wawancara saat melamar pekerjaan;
1. Berapa gaji yang Anda minta?
Jawab: Sebutkan gaji yang besarnya
realistis. Lihat mata pewawancara, sebutkan jumlah, dan berhentilah
bicara. Jangan bohong tentang gaji yang Anda terima di kantor
sebelumnya, bila Anda sudah bekerja. Bila Anda merasa bahwa gaji Anda di
kantor yang sekarang terlalu kecil, berikan penjelasan.
2. Apa kelebihan utama Anda?
Jawab: Pilih potensi Anda yang
relevan dengan bidang pekerjaan yang Anda lamar. Hindari respons yang
generik seperti pengakuan bahwa Anda pekerja keras. Lebih baik, berikan
respons berupa, “Saya selalu diperbudak daftar pekerjaan yang saya buat
sendiri. Sebab, saya tidak mau pulang sebelum pekerjaan di kantor beres
semua.”
3. Apa kekurangan Anda yang paling jelas?
Jawab: Jangan bilang
Anda seorang perfeksionis (menunjukkan bahwa Anda sombong). Lebih baik,
jujur saja dan sebutkan kelemahan yang kongkret. Misalnya, Anda lemah
menghitung di luar kepala, dan karenanya Anda mengatasinya dengan
membawa kalkulator. Tapi, kemudian, susul dengan kelebihan Anda.
4. Di mana Anda melihat diri Anda lima tahun lagi?
Jawab:
Gambarkan posisi yang realistis. Kira-kira dua-tiga posisi di atas
posisi yang Anda lamar sekarang. Jangan sertakan cita-cita yang tak ada
hubungannya dengan lamaran pekerjaan Anda, misalnya, ingin jadi bintang
sinetron atau jadi novelis. Sebab, Anda akan tampak tidak fokus.
5. Mengapa Anda ingin meninggalkan kantor yang lama?
Jawab: Jangan
sampai mengemukakan hal yang negatif. Kalau kenyataannya begitu,
ucapkan dalam kalimat ‘positif’, misalnya bahwa Anda tidak melihat ada
‘ruang’ di mana Anda bisa berkembang. Lalu, jelaskan mengapa Anda
menganggap bahwa pekerjaan di kantor baru ini memberi kesempatan yang
lebih baik.
6. Adakah contoh kegagalan Anda?
Jawab: Ungkapkan kegagalan yang
pernah Anda alami, tapi yang sudah terpenuhi solusinya. Supaya,
pewawancara tahu bahwa Anda punya usaha untuk mengatasi masalah
7. Apakah Anda punya pertanyaan?
Jawab: Berikan paling sedikit dua
pertanyaan yang terfokus pada kantor baru ini. Misalnya, Anda bertanya
apakah kantor ini sudah punya website. Atau, bisa juga Anda
mempertanyakan kehadiran CEO yang Anda tahu baru saja diangkat – apakah
membuat kinerja perusahaan semakin baik, dan semacamnya. Jangan bertanya
tentang kepentingan Anda sendiri, misalnya, apakah karir Anda akan
berkembang di sana.
Apa yang menjadikan seseorang selalu sukses untuk
menggapai impiannya? Tampil beda dan memiliki keunggulan komperatif
mungkin salah satu yang menjadikan Anda selalu berada di dalam posisi
terdepan!
Termasuk dalam meraih karier dan mengungguli orang lain
dalam mencari pekerjaan yang sesuai. Ada beberapa trik atau strategi
yang perlu disiapkan agar Anda sukses dalam melewati tahapan untuk
mengejar karier yang diidam-idamkan.
Modal nekat saja, pasti tak
cukup.. Di sini juga anda bisa menemukan beberapa lowongan kerja yang
mungkin tak ada salahnya jika anda mencobanya. (tslb)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar