Minggu, 14 Agustus 2011

Jika Aku Menjadi

Sabtu, jam 05 pagi K’ga kyk biasanya ane bangun pagi (biasanya bablas, libuarn men hehe) kelar sholat subuh kl biasanya ane melanjutkan pertempuran di dunia mimpi atau kl lg kuat melek ane nonton News di TV (ditemeni segelas kopi) tumben pagi ini ane berhasrat pengen olah raga (nyang ringan ringan aja maklum body ane seadanya wkwkwk) sekalian nyobain sepeda baru (pameeer). Maklum hari pertama  ane pake nih sepeda, jadi blm mengenal medan dan rute yg bagus, akhrnya ane muter2 kota ga ada tujuan. Sampe udah kerasa pegel ni kaki ane berinisiatif nyari tempat ngaso yg pas, ga lama setelah ide itu muncul ane lewat pasar tradisional dan memutuskan untuk nyari tempat ngaso disitu (biasanya banyak jual makanan tradisional di situ). Rupanya di sudut pasar itu ada warung kopi sederhana, mampirlah ane di warung itu sambil melepas lelah ane ngopi n ngobrol sm penjaga warung. Sambil bengong ane peratiin aktifitas orang2 di pasar itu satu/ satu (ane absen satu2 heeee), yg pertama ane perhatiin kuli pikul yang mondar mandir angkut barang, yang ane heran, mereka rata2 sudah berumur kata ibu si penjaga warung, aktifitas para kuli di mulai sblm subuh dan selesai  jam 8 pagi, dan perlu diketahui duit yang mereka dapet ga seberapa dan biasanya aktifitas mereka setelah siang hari adalah para petani penggarap. Selanjutny ane perhatiin konvoi ibu2 pengayuh sepeda tua dengan keranjang berisi sayur mayur (buat yg hobi jeprat-jepret ok jg tuh ), katanya seh mereka berasal dari perkampungan yang lumayan jauh untuk sekelas sepeda ontel, dngan jarak tempuh kurang lebih 10 km dari pasar. Mereka ini rata2 adalah pedagang kecil yang menggelar dagangannya di emperan pasar dengan jumlah barang dagangan yang seadanya (ya… kalo ane borong semua paling cuma 25-30 ribu doang). Dan masih banyak lagi orang orang hebat disekeliling kita yang selama ini tidak pernah ane perhatiin, bahkan ane sudah merasa paling hebat ketika ane mengerjakan sesuatu ternyata ane masih jauh lebih kecil disbanding mereka. Kalo kita  merenung sejenak dari pengalaman ane ketemu orang2 hebat semacam ini rasanya tidak adil ketika melihat tingkah para koruptor yang masih aja menggerogoti uang rakyat, coba tuch para koruptor di paksa melek liat sekeliling mereka, disbanding mereka para tikus2 kantor itu lebih berpendidikan, diberikan kedudukan gaji yang jauh lbh banyak, rumah mewah fasilitas lengkap. Lalu apa lagi yang dicari coba liat mereka demi mendapatkan sesuatu yang halal rela mengorbankan banyak hal mereka pantang mengambil sesuatu yang bukan hak nya. (Cerita ini diambil sebelum ramadhan (kan ada makan2 nye’))

Tidak ada komentar: