Selasa, 26 Maret 2013

Penyakit Maag dan Cara Pengobatan Dengan Bahan Herbal Alami

Penyakit Maag dan Tips Mengatasi Maag

tips mengatasi sakit maagPenderita penyakit maag atau gastritis, sering kita jumpai dan biasanya ditandai dengan keluhan mual, mules, perih, dan kembung. Gastritis atau sakit maag dapat disebabkan oleh infeksi, iritasi, gangguan autoimun, atau aliran balik empedu ke lambung. Infeksi bisa disebabkan oleh bakteri atau virus, terutama Helicobacter pylori. Sedangkan iritasi lambung bisa disebabkan oleh makanan, obat-obatan, alkohol, produksi asam lambung yang berlebihan akibat stress atau pola makan yang tidak teratur.
Penderita sakit Maag atau Gastritis akan merasakan beberapa tanda atau gejala seperti perih, mual, muntah, kembung (terasa penuh), dan sakit seperti terbakar. Penyakit maag atau gastritis bisa terjadi secara bertahap (gastritis kronis) atau bisa juga terjadi secara tiba-tiba (gastritis akut).
Untuk mengatasi penyakit maag secara aman dan alami anda bisa menggunakan ramuan tradisional (bahan herbal) yang berasal dari tumbuh-tumbuhan yang ada di Indonesia, yang sudah diteliti dan diujicoba oleh para pakar yang ahli pada bidangnya dan terbukti efektif bisa mengatasi penyakit maag atau gastritis.  Bahan herbal ini dapat menetralkan asam lambung dan secara bertahap menutup luka pada dinding lambung.
Beberapa bahan herbal yang diteliti dan terbukti efektif membantu mengatasi serta mencegah penyakit maag atau gastritis adalah:

Kunyit (Curcuma domestica)

kunyit untuk mengobati penyakit maagKunyit bisa tumbuh di ladang, baik yang sengaja di tanam atau dibudidayakan oleh petani, maupun tumbuh secara liar. Di perkampungan Sunda (Jawa Barat) penduduk biasa menyebutnya dengan tumbuhan “Koneng”.  Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Triyani Sumiati, S.Si. & I Ketut Adnyana, M.Si., Ph.D., dari Departemen Farmasi FMIPA Institut Teknologi Bandung (ITB), menunjukkan, kunyit mempunyai aktivitas antiinflamasi (antiradang), dan membantu pemulihan peptic ulcer (luka lambung).
Sedangkan menurut Thamlikitkul V, dkk. sebagaimana dimuat dalam Journal of Medical Association tahun 1989 melaporkan, bahwa dari 80 orang penderita penyakit maag atau Gastritis, lebih dari 87% pasien yang mengonsumsi Curcuma domestica sembuh.

Temulawak (Curcuma xanthorriza)

temu lawak obat sakit maagTemulawak berperan sebagai gastroprotector (pelindung lambung). Senyawa kurkumin dari temulawak yang bersifat basa akan menetralisir kelebihan asam lambung, sehingga mengurangi iritasi pada lambung, juga meringankan gejala-gejala sakit maag, yaitu mual, mulas, perih, kembung.
Menurut Prof. HM. Hembing Wijayakusuma dalam bukunya Penyembuhan Dengan Temulawak menyebutkan, salah satu manfaat temulawak adalah mengatasi radang lambung.

Antanan (Crude Centella Asiatica)

antanan pegagan obat herbal sakit maagAntanan tumbuhan yang berhasiat untuk memperkuat lambung ini, banyak tumbuh dipematang sawah, atau di sawah diantara tanaman padi yang belum disiangi, dan kadang bisa menjadi gulma bagi tanaman padi.
Tumbuhan Antanan atau dalam bahasa latinnya disebut Crude Centella asiatica, mengandung senyawa asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, dan brahmoside yang bila diminum secara rutin akan sangat efektif bekerja menutupi luka pada dinding lambung.
Antanan memiliki khasiat paling tinggi di antara tanaman berkhasiat obat. Berfungsi memperkuat lambung dan menambah nafsu makan (Dr. Seno Sastroamijoyo, Obat Asli Indonesia, 1962; Prof. Unus Suriawiria, Dosen Senior ITB – Pemerhati Bioteknologi dan Agroindustri, 1992).

Tidak ada komentar: