Kamis, 19 April 2012

Komputer Terkecil segera Beredar




Metrotvnews.com, Leeds: Anak-anak sekolah di Leeds, Inggris, beruntung sekali akan menjadi yang pertama bisa menjajal komputer terkecil di dunia.  Raspberry Pi, komputer dengan ukuran mirip ponsel ini, hanya dijual 16 Euro di negara asalnya, Inggris. Rencananya, komputer mungil itu dijual bebas mulai 20 April besok.

Sejak proyek pengembangan Raspberry Pi disebut, para peminat komputer dan programmer di seantero dunia sudah menunggu antusias. Apalagi komputer ini relatif murah dan mudah dipakai. Sayangnya, pengiriman produk sudah dua kali mengalami penundaan.

Pertama karena kesalahan komponen yang tersolder di papan sirkuit, dan yang kedua kali lantaran kebingungan yang terjadi saat ujicoba elektromagnetik.

Ben Upton, koordinator proyek Raspberry Pi, telah mempresentasikan performa komputer ini ke sejumlah anak-anak sekolah di Leeds. Ia menggandeng seorang programmer andal untuk membantu anak-anak memahami apa saja yang bisa mereka lakukan pada mesin mungil itu. 

Para pemesan Raspberry Pi yang sudah membludak di seluruh dunia pasti tidak sabar untuk mencobanya. Tapi di Inggris saja pengirimannya baru mulai dilakukan Jumat pekan lalu. Para pemesan baru dapat menerimanya sepekan kemudian, atau 20 April 2012.

Raspberry Pi ini menyerupai lempengan papan yang dipenuhi chip, tak ubahnya sebuah telepon seluler. Menggunakan sistem operasi Linux dan SD card sebagai media penyimpan memori. Ada dua jenis tipe, yaitu yang dilengkapi dengan konektor network, dan yang tidak. 

Dengan bentuknya yang kecil mudah dibawa kemana-mana, komputer ini disebut sebagai komputer paling mutakhir. Anda tinggal menghubungkannya ke monitor dan keyboard. Jangan lupa, harganya yang murah merupakan hal yang paling menggiurkan

Tidak ada komentar: