Minggu, 10 Februari 2013

LAPTOP DIBAJAK ANAK KECIL

Hari ini saya tidak menulis
motivasi atau lainnya, tapi ingin
berbagi sedikit 'tips keamanan' &
pengalaman lucu yang terjadi pada
saya kemarin.

OK, Tips Keamanan dari saya:

- Jangan pernah meninggalkan
  laptop/computer/blackberry atau
  gadget Anda lainnya di mana saja
  (meski di rumah) tanpa proteksi
  password saat ada anak kecil di
  sekitar Anda.


- Biasakan LOGOUT saat Anda
  meninggalkan akun FB/Twitter atau
  akun-akun penting lainnya. Karena
  bisa saja akun FB Anda 'dibajak'
  anak kecil yang notabene sudah
  mengerti cara 'pesbukan'.

Puluhan ribu orang tahu kemarin
akun FB (Fans Page) saya yang
jumlah temannya sdh di atas 700
ribu orang 'dibajak' anak 10 tahun.

Kejadiannya waktu itu saya lagi di
luar rumah, lagi di taman,
menikmati minuman jahe hangat
sambil lihat hujan bersama Anna
(kakak saya).

Saya lupa meninggalkan laptop saya
di kursi 'begitu saja'. Ponakan
kecil saya, Adinda, yang lagi hobi
pesbukan, lihat laptop nganggur
langsung tergiur untuk membuka akun
facebooknya.

Namun, alamak! Saat dia buka
browser, dia melihat akun FB saya
masih aktif, alias belum logout!

Dia barangkali berpikir "Wah, teman
FB tante Hira banyak, ada 700 ribu
orang, kenalan aah..
" Dan....
postinglah dia di sana!

Dia memperkenalkan diri, ngomongin
Pokemon, ngomongin makanan
kesukaannya, dan katanya sedang
"mengambil alih" rumah saya!

Anda bisa menebak, dengan jumlah
fans 700 ribu, postingan dia
mengundang ratusan komentar, dan
1000+ like dalam sekejap. Kebanyakan
orang yang komentar memang pada ketawa
karena membaca kepolosan sang pembajak
yang memperkenalkan dirinya, bahkan
menyebutkan hobinya, dll. Banyak yg
tanya, ini anak yang "mengambil alih"
FB Anne Ahira siapa? Dan umurnya berapa?

OK! Tersangka utama adalah: Adinda.
Umur: 10 tahun. Dia "ngebajak' Akun
FB saya karena kesalahan saya
sendiri yang ceroboh tidak
melakukan LOGOUT.

Saat dia ada di akun FB saya, dia
membuat status di bawah ini:

"Hi, nama saya Adinda, saya lagi di
rumah tante Hira. Saya suka
pokemon, mirai nikki, sama makan
telur. Salam kenal yaa. Saya lagi
main-main sama laptop tante Hira,
mumpung dia lagi di luar, jadi,
saya mau ambil alih rumahnya.
"

Waduh, bukan laptop saja yang dia
bajak, tapi juga 'rumah saya' :-)

Berikut beberapa komentar lucu yg
saya baca dari teman2 FB saya:

"Pembajak yg budiman, sempat
memperkenalkan diri terlebih dulu
sungguh sangat ramah pembajak
ini...
"

"Hati2 Adinda. Dirumah Bu Hira
banyak kamera CCTVnya...
"

"Gerbang rumah jangan lupa dikunci
biar sekalian. Terus kuncinya
dibuang aja, biar si tante gak bisa
masuk!
" ^_^

Uli, Ini kedua kali akun
FB ku 'dibajak' anak kecil karena
kecerobohanku. Tahun lalu ponakanku
yang masih pre-School (TK?) ngetik
status "eeeeeeeeeeeeee......" di FB ku!
Maksud dia mau tulis status "bebek".

Ntah kenapa dia selalu antusias
pingin nulis status "bebek"!

Kalau dia lihat akun FB, pasti dia
mau ngetik "bebek". Akun FB punya
siapapun, dia anggap itu punyanya!
(dia belum mengerti login dan logout).
Dan pasti kata "bebek" lah yang ingin
dia tulis, dan tentunya dia hanya menulis
"eeeeeeeee..." yang menurut dia itulah
ejaan EYD yang benar untuk kata "bebek"!

Saya belum punya anak. Jadi kadang
'terlena' membiarkan gadget/laptop
terbuka di rumah begitu saja.
Tapi ini jadi pelajaran untuk
teman-teman semua. Kalau lagi ada
anak kecil di sekeliling, pastikan
gadget Anda di password, dan lakukan
LOGOUT! Jika tidak, akun FB/Twitter
Anda 'dibajak' sama si kecil! :-)

Okay... That's all the sharing for
Today! Jika Anda punya pengalaman
lucu tentang anak-anak Anda, atau
di sekitar Anda, PLEASE SHARE WITH
ME! :-)

Bagaimana jika saya 'bukukan' pengalaman lucu
teman-teman dalam satu buku, dan nanti
akan saya bagikan untuk semua gratis! :-)

Saya tunggu yaa sharingnya!

Temanmu,
Anne Ahira

Tidak ada komentar: