Minggu, 06 November 2011

Whisky Halal Saat Ini Beredar di Skotlandia


http://i.okezone.com/content/2011/11/04/214/524922/lqdGLc1dN9.jpg
EDINBURGH - Whisky atau minuman keras yang disuling biasanya mengandung alkohol yang cukup tinggi dan dianggap haram. Tetapi sebuah perusahaan di Skotlandia berhasil membuat whisky tanpa alkohol dan diklaim halal.

Arkay, adalah whisky yang diciptakan dengan cita rasa minuman whisky tetapi tidak memiliki kandungan alkohol. Minuman ini dinilai sesuai bagi orang yang amat doyan minuman keras tetapi tidak ingin mabuk saat hendak mengemudi.

Whisky ini pun sudah dinyatakan sudah memiliki sertifikasi halal. Dengan sertifikasi tersebut, tentunya Arkay memiliki peluang besar untuk dijual di negara-negara bermayoritas penduduk Muslim khususnya di Timur Tengah.

Tetapi penjualan whisky jenis ini sepertinya tidak memiliki dukungan dari Assosiasi Scotch Whisky Skotlandia.

"Tidak mungkin membuat whisky yang bebas alkohol.Perusahaan ini berusaha mengeksploitasi whisky dengan strategi pemasaran yang tidak bertanggung jawab," ungkap juru bicara assiasi itu seperti dikutip Daily Mail, Jumat (4/11/2011).

Produsen Arkay, yakni Scottish Spirits yang berbasis di Florida, Amerika Serikat (AS) sepertinya memproduksi minuman tersebut di Panama. Diperkirakan whisky ini akan dijual di seluruh dunia pada 1 Desember mendatang.

Menurut pihak Arkay, rasa unik dari whisky non-alkohol ini menjadikannya sebagai minuman yang tepat dikonsumsi siang ataupun malam.

Tidak ada komentar: