Minggu, 25 Desember 2011

Daftar Mainan Perusak Pendengaran Suara bising di atas 85 mampu timbulkan kehilangan pendengaran.

Studi terbaru yang dilakukan oleh para peneliti di University of California, Irvine, Amerika, merilis daftar mainan anak yang dapat merusak pendengaran.

Dilansir laman Los Angeles Times, Senin 26 Desember 2011, studi itu menyebutkan, ada beberapa jenis mainan, apabila didekatkan pada telinga, ternyata mampu mencapai tingkat desibel yang sama kuatnya seperti kereta api bawah tanah atau gergaji mesin.

Hasil ini didapat setelah dilakukan penelitian kekerasan suara pada 10 mainan paling populer. Mainan itu didekatan sampai jarak 12 inci dari telinga.

Beberapa mainan seperti Road Rippers, T-Pain Mic dan Tonka Mightyrized Fire Engine, diketahui mampu menghasilkan tingkat desibel sampai 100 atau lebih.
Sedangkan mainan lainnya, seperti Marvel Super Shield Captain America, Sesame Street Let's Rock Elmo, VTech Princess Magical Learning Wand, Toy Story Buzz Lightyear Cosmic Blaster dan the Green Lantern Colossal Cannon Blaster, mampu menghasilkan tingkat desibel sebesar 90.

"Suara bising di atas 85 mampu timbulkan kehilangan pendengaran. Ini sangat membahayakan, jika mainan itu tidak gunakan secara benar," kata Hamid R. Djalilian, ahli Otolaryngology, yang juga menjadi direktur penelitian tersebut.

Para peneliti menyarankan kepada setiap konsumen, untuk membeli mainan yang aman dengan intensitas kebisingan suara rendah. Tentunya Anda tidak ingin memberikan mainan sebagai hadiah Natal, yang justru membahayakan pendengaran si anak.

Tidak ada komentar: