Selasa, 25 Oktober 2011

Pandi Segera Luncurkan Domain untuk UKM

Pengelola Nama Domain Internet Indonesia, atau PANDI, yang mengurusi domain di Indonesia berencana meluncurkan domain second-level .biz.id untuk kalangan bisnis, terutama usaha kecil dan menengah (UKM).

Domain ini akan tersedia mulai awal tahun depan, setelah PANDI memindahkan infrastruktur mereka ke sistem yang lebih andal.

Seperti dikutip dari Tempointeraktif, pendaftaran domain .biz.id akan sebebas .web.id untuk perseorangan. Yang dibutuhkan hanyalah penyertaan KTP dan NPWP sebagai bukti wajib wajak — meski usaha kecil belum tentu wajib membayar pajak.

Sebagai perbandingan, untuk mendapatkan domain .co.id, perusahaan harus melampirkan dokumen legal perusahaan — misalnya PT, CV, UD dan lain sebagainya. Dengan adanya .biz.id ini, badan hukum perusahaan bukanlah keharusan lagi. Untuk sementara, .biz.id hanya bisa didaftarkan oleh pengguna Indonesia, sedangkan .web.id dan .my.id nantinya bakal bisa didaftarkan melalui pendaftar asing.

Menurut data yang ada, saat ini domain .id (turunannya) yang terdaftar hanyalah 58 ribu buah dari sekitar 250 ribu nama domain yang terdaftar di Indonesia. Itu artinya cuma seperempat dari domain yang terdaftar Indonesia menggunakan domain lokal. Sisanya menggunakan domain global, termasuk di antaranya yang populer adalah .com, .net, dan .org.

Saat ini secara total ada 200 juta nama domain yang terdaftar di seluruh dunia.

Saya pribadi, meski menyambut baik, kurang optimis .biz.id dapat menjaring jumlah pengguna yang ditargetkan. Domain .biz yang secara global digunakan untuk kegiatan bisnis saja masih kalah pamor ketimbang domain .com, tentunya diperlukan sosialisasi ekstra untuk meyakinkan calon pengguna bahwa domain .biz.id bakal cocok digunakan untuk membantu memperkenalkan UKM dan produk-produknya di dunia maya.

Tidak ada komentar: