Kamis, 04 Oktober 2012

Tujuh Tagihan yang Harus Dikurangi


Saya suka episode “Cosby Show” yang menunjukkan Bill mendemonstrasikan anggaran bulanan kepada Theo dengan uang Monopoly. Tampaknya Cosby mendapat sebuah pelajaran tentang anggaran. Namun, Anda dan saya sedang tidak bermain dengan uang Monopoly — ini hal nyata dari dunia nyata.

Sayangnya, tidak ada kartu bebas dari penjara dan Anda tidak bisa menjual rumah merah kecil untuk mendapatkan uang tambahan. Satu hal yang dapat dilakukan oleh pengatur anggaran adalah memotong pengeluaran harian.

Mulailah dengan tujuh cara berikut ini dan nikmati uang tambahan saat akhir bulan.

1. Kurangi tagihan air

Ada berbagai saran mengurangi tagihan air. Langkah pertama, periksa kebocoran keran air Anda, yang berada di dalam dan luar rumah. Daerah yang basah di sekitar keran air atau cincin sambungan yang basah membuktikan bahwa ada kebocoran. Segera ganti bagian keran air yang rusak. Anda mungkin juga harus mengganti keran. Juga, jangan siram halaman Anda saat akan turun hujan. Hindari penggunaan shower dengan waktu lama dan air panas dan ganti dengan air bersuhu sedang dan jangan lama-lama menggunakan shower. Pertimbangkan untuk menggunakan toilet dengan siraman yang bisa diatur dan cuci piring atau pakaian ketika sudah banyak yang kotor.

2. Putus jaringan telepon rumah

Haruskah Anda memiliki telepon rumah? Menurut saya tidak, karena telepon seluler telah menjadi bagian hidup kita sekarang. Mengapa memiliki telepon rumah ketika tidak perlu? Hilangkan tagihan telepon dengan cara memutus jaringannya. Juga, batasi penggunaan SMS setiap bulannya. Terlalu banyak menggunakannya menjadi mahal.

3. Hemat tagihan listrik

Pengaturan penggunaan alat listrik yang baik dan deteksi kebocoran adalah dua cara besar untuk menghemat listrik. Mintalah bantuan teknisi profesional untuk memeriksa sistem pemanas dan saluran ventilasi. Uang Anda bisa menguap karena pintu rumah Anda yang rusak. Anda bisa mengganti atau mengunci pintu dan jendela dan mengganti pemanas ruangan untuk mengehemat uang.

4. Kontrol tagihan belanja

Pada akhirnya, Anda harus melakukan dua hal ini untuk menghemat belanja: mengajari keluarga Anda untuk tidak banyak jajan, serta berbelanja dengan cermat. Batasilah belanja Anda sekali atau dua kali dalam sebulan. Belajar memaksimalkan apa yang ada di dapur adalah cara yang baik untuk menghemat uang.

5. Potong tagihan kartu kredit

Sekarang saatnya membicarakan tagihan kartu kredit Anda dengan kreditur. Mintalah pembayaran bulanan yang lebih ringan dan suku bunga yang rendah. Tergantung pada pihak bank, Anda mungkin menerima hasil yang tidak terduga. Saya membuktikannya!

6. Hemat bahan bakar

Pada akhirnya, saya mengorbankan mobil. Saya menjual mobil SUV baru  saya dan menggantinya dengan mobil tua dan kecil. Saya membeli Honda Accord dan mobil itu membuat saya bisa menghemat bahan bakar. Sebelumnya, saya menghabiskan $ 70 dolar (Rp 665 ribu) per pekan untuk membeli bensin. Sekarang saya bisa menghemat $ 25 (Rp 237 ribu). Uang hasil penghematan tersebut bisa saya gunakan untuk kebutuhan yang lain.

7. Jangan buang uang untuk kebutuhan tidak penting

Saya kesal sekali ketika mengetahui saya menghabiskan $ 50 dolar (Rp 475 ribu) untuk add-on aplikasi di iTunes. Saya penasaran tentang uang yang kita habiskan untuk kebutuhan lain. Saya mengakui kesukaan saya pada majalah online dan horoskop mingguan. Saya kemudian menghilangkan kebiasaan itu dan bisa sedikit menghemat setiap bulannya.
    
Apa cara lain yang Anda lakukan untuk menghemat tagihan bulanan Anda?

Tidak ada komentar: